Resep kue bunga krisan



Bahan:
kurang lebih 750 g isi kacang merah, dibagi jadi 15 bagian, buat bulatan-bulatan.

Adonan kulit A:

- 300 g tepung terigu
- 125 g Shortening/margarine/mentega
- 25 g gula bubuk
- garam sedikit
- 125 cc air

Adonan pelapis B:

- 125 g shortening/margarine/mentega
- 200 g tepung terigu

Lainnya:
Kuning telur untuk pengoles
wijen secukupnya untuk ditaburi

Cara membuat:
 
Adonan Kulit A:
- Letakan tepung diatas meja yang bersih, buat lubang ditengahnya yang cukup besarnya untuk meletakkan shortening/margarine/mentega, gula bubuk dan garam. Aduk ketiga bahan ini dengan tangan sampai lembik, lalu campur sedikit demi sedikit dengan air dan tepung di sekelilingnya sambil terus di aduk-aduk. Sebaiknya pakai sendok kayu.
- Setelah tercampur rata, gulung sampai membentuk sebuah gulungan panjang, lalu potong-potong menjadi 15 bagian yang sama beratnya, masing-masing bulatkan, sisihkan.

Adonan Pelapis B:

- Remas-remas shorting/margarine/mentega sampai lembik, lalu campur dengan tepung. Remas-remas kembali sampai campuran tersebut benar-benar menyatu, lalu bagi lagi 15 bagian yang sama besarnya, bulat-bulatkan.


Cara membuat kue bunga krisan:

1. Tipiskan setiap bulatan A  dengan lebar yang cukup untuk membungkus bulatan sampai berukuran kurang lebih 1/2x3x7 cm. lalu gulung menurut panjangnya.
2. gilas lagi gulungan tersebut dengan permukaan lingkarannya menghadap kita. Tipiskan sampai kurang lebih 1/2-1 cm.
3. potong-potong lempengan adonan kue memutar lingkaran, tidak sampai putus hanya 2/3 bagian jari-jari lingkaran.
4. Setelah itu baliklah setiap potongan agar bagian dalamnya tampak dari luar. lakukan hal tersebut sampai semua potongan terbalik, rapikan, sehingga setiap potongan membentuk kelopak bunga, dan secara keseluruhan setiap lempeng adonan membentuk bunga krisan. Lakukan hal yang sama sampai semua adonan terbentuk rapi, lalu olesi bagian tengahnya dengan kuning telur, taburi wijen.
5. Letakan di atas loyang, lalu panggang dalam oven denga panas kurang lebih 200°C selama kurang lebih 45 menit. Setelah matang, kering dan berwarna kecoklat-coklatan, keluarkan lalu angkat.
Resep kue bunga krisan Resep kue bunga krisan Reviewed by agnes alexandra on 17.14 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.